11 Cara Menurunkan Berat Badan Pada Anak Dengan Cepat ( 100% Berhasil )

Cara menurunkan berat badan pada anak balita,

Dan semua umur dari usia 6 tahun, 7 tahun, 8 tahun, 9 tahun, 10 tahun, 11 tahun, dan 12 tahun ada di artikel ini.

Anak Kegemukan

Sebenarnya, ke gemuk an dan obesitas adalah masalah yang umum terjadi di masyarakat dunia ini,

Selain berdampak pada fisik, kegemukan juga dikenal sebagi sumber dari berbagai penyakit,

Seperti diabetes, kanker, sakit jantung, liver, gangguan emosi, gangguan makan, gangguan tidur, dan tekanan darah tinggi.

Kegemukan juga tidak hanya merugikan orang dewasa, tetapi juga merugikan anak – anak,

Anak – anak nantinya akan terancam masa depannya dengan berbagai penyakit.

Cara Menurunkan Berat Badan Untuk Anak – Anak

Dengan meningkatnya tingkat obesitas dikalangan anak – anak, maka orang tua harus menambah tingkat kepedulian terhadap kesehatan anak.

Jika tidak, masa depan anak di bangsa kita akan terancam.

Ada berbagai cara mengatasi kegemukan pada anak, mulai dari pola hidup, manajemen diet, olahraga, dan dukungan secara emosional.

Nah, dari berbagai cara tersebut kami telah meringkas sedemikian rupa agar mudah di pahami,

Dan hasil usahapun semakin efektif dan efisien

Namun, sebelum kita membahas Caranya, kita harus mengetahui dulu penyebabnya agar kita tidak jatuh ke lubang yang sama untuk kedua kalinya

9 Penyebab Kegemukan dan Obesitas Pada Anak

1. Kurang Olahraga
2. Pola Makan yang Buruk
3. Riwayat keluarga mengidap obesitas
4. Depresi atau masalah emosional lainnya
5. Rasa rendah diri

6. Masalah dengan keluarga atau teman
7. Stress atas suatu kejadian atau perubahan seperti perpisahan, perceraian, pindah lingkungan, kematian, dan pelecehan
8. Obat (steroid, beberapa obat psikiatris)
9. Penyakit medis (endokrin, masalah – masalah neurologis)

Sedangkan resiko kegemukan pada anak adalah

1. Peningkatan resiko penyakit jantung
2. Diabetes
3. Masalah tidur
4. Masalah pernafasan
5. Tekanan darah tinggi

Cara Menurunkan Berat Badan Pada Anak

1. Manajemen Diet
Manajemen Diet

Manajemen diet maksudnya pengaturan diet,

Sebenarnya diet yang dimaksud disini bukanlah diet seperti ocd, gm, dan lain sebagainya,

Tapi hanya sekedar diet yang diatur sendiri

Maksudnya, kita hanya membatasi makanan apa yang boleh dimakan dan berapa porsinya

Biasanya anak - anak yang kegemukan adalah anak yang porsi makannya seperti ibu atau ayahnya.

Atau anak yang kurang bergerak.

Begitulah keadaan saya dulu,

Saat masih kecil saya juga kegemukan / obesitas,

Jika saya teliti lagi, ternyata penyebabnya adalah saya saat kecil jarang sekali bergerak dan suka makan berlebihan,

Maka dari itu, aturlah program diet anak anda

Tidak usah terlalu di kekang, biarkan perlahan - perlahan berjalan.

Selain itu, kamu juga bisa meningkatkan frekuensi makanan kecil yang bertujuan untuk mengoptimalkan sistem metabolisme dan juga sistem imunnya.

Makanan ringan yang sehat serta makan 4-5 kali perhari rasanya sudah cukup membantu dalam mengontrol nafsu makan mereka.

Contoh makanan ringan yang sehat adalah makanan yang berasal dari buah dan sayur.

Dan pastikan juga, bahwa anak anda minum 8 gelas air perhari agar membantu menurunkan berat badan.

2. Berikan Kebebasan


Kebebasan

Cara selanjutnya adalah memberikan kebebasan,

Mungkin, anak anda akan akan bosan dengan menu makanan yang begitu - begitu saja.

Mereka akan muram dalam menjani kehidupannya sebagai anak - anak

Maka dari itu, berikan kesempatan untuk ia mengkonsumsi apapun yang ia inginkan, terlebih pada hari - hari yang khusus seperti hari ulang tahun.

Yang perlu di perhatikan disini hanyalah porsinya,

Jangan sampai berlebihan, dan jangan sampai di olah dengan bahan - bahan yang tidak baik,

Dan anda harus percaya bahwa anak anda dapat memilih makanan sehatnya sendiri,

Sajikanlah berbagai makanan sehat,

Jika anda menerapkan aturan yang terlalu ketat mengenai makanan yang sehat,

Maka anak anda cenderung melakukan reaksi yang berlawanan.

Jika sudah demikian, maka anak anda pun akan sembunyi - sembunyi mengkonsumsi permen, makanan manis, dan cemilan lainnya.

3.  Jangan menghitung kalori

Menghitung Kalori
Jangan mengajarkan anak anda tentang teori kalori yang rumit,

Hal itu tidaklah dibutuhkan bagi anak anda,

Justru malah membuatnya merasa terbebani dengan teori tersebut,

Teori - teori tentang kalori ini akan membuat anak anda stres,

Dan stress dapat membuat anak anda makan cenderung lebih banyak.

Obsesi terhadap penghitungan kalori justru lebih merugikan pada anak - anak dibanding orang dewasa.

Maka dari itu, bantu ia dalam menentukan pilihan makanan yang lebih sehat,

Tanpa harus membuatnya terbebani akan jumlah kalori yang bisa menimbulkan rasa bersalah baginya.

4. Siapkan makanan dirumah

Kebiasaan makan di luar rumah tidak baik bagi anak anda,

Kita semua tahu, bahwa makanan diluar rumah sangat tidak higienis, makanan di luar rumah juga di olah dengan bahan - bahan yang buruk,

Seperti minyak goreng yang sudah menghitam, penggorengan yang tidak bersih, dan lain sebagainya.

Sebaliknya, makanan di dalam rumah justru lebih baik bagi anak anda,

Pasalnya, makanan di dalam rumah dibuat dengan bahan - bahan yang baik dan higienis,

Selain itu, anda juga bisa mengontrol porsi makan anak anda, sehingga anak anda tidak makan secara berlebihan.

Menurut penelitian,

Anak - anak yang sering makan di meja makan bersama dengan keluarganya cenderung terhindar dari kemungkinan penambahan berat badan..

Selain itu, makan bersama juga dapat membuat kecepatan makan anda dan anak anda menjadi lambat,

Perlu di ketahui, semakin banyak / semakin lama kita mengunyah makanan yang kita makan maka itu akan membuat kita merasa lebih kenyang.

Dan juga membuat pencernaan kita menjadi lebih sehat...

5. Batasi Minuman Manis
Minuman Manis
Minuman manis pada saat ini menjadi faktor utama kenapa banyak orang kegemukan,

Minuman manis yang sangat berefek pada anak anda adalah soda dan sejenisnya.

Minuman manis mengandung banyak gula yang sangat merusak kesehatan anak anda..

Oleh karena itu, batasilah minuman manis terutama soda dan sejenisnya.

Dan gantilah dengan minuman sehat seperti jus, susu, dan air putih.

6. Perbanyak aktivitas fisik

Cara selanjutnya adalah "bergerak"

Mungkin selama ini anak anda kurang bergerak,

Solusinya adalah membebaskan anak anda untuk bermain di luar,

Baik bermain sendiri atau bersama temannya,

Anda juga bisa memasukkan anak anda ke sekolah - sekolah olahraga,

Tapi memasukkan anak anda ke sekolah - sekolah olahraga bukanlah hal yang wajib bagi anda.

7. Beri dukungan emosional

Tunjukkan pada anak anda, bahwa anda melakukan itu semua semata - mata untuk kesehatannya.

Dengan begitu, anak anda akan merasakan besarnya kasih sayang anda,

Sehingga ia rela untuk menjalankan diet yang telah dijadwalkan.

8. Lakukan bersama - sama

Lakukan Bersama

Meski anda tidak kelebihan berat badan,

Bergabunglah dengan anak anda untuk menjalankan diet atau olahraga,

Dengan begini, anak anda akan merasa dihargai dan tidak sendirian.

Sehingga ia lebih bersemangat dan lebih optimis.

9. Cek kondisi kesehatan anak anda

Berikutnya adalah cek kondisi anak anda,

Pastikan bahwa anak anda tidak mengidap penyakit yang menyebabkannya kegemukan.

Dengan begitu, anda akan tahu strategi yang benar untuk menurunkan berat badannya,

Hal - hal yang perlu di periksa di laboratorium adalah:

1. Kelenjar Hypotiroid.

Kelenjar hypotroid dalam tubuh berfungsi untuk mencairkan lemak - lemak yang ada didalam tubuh seseorang.

Bila cairan hypotiroid kurang, maka minyak - minyak dalam tubuh akan menumpuk.

Selain itu juga bisa menyumbat peredaran darah, susah buang air besar karena metabolisme terganggu.

Anak yang mengalami gejala kekurangan hypotiroid biasanya nampak terlihat lemas, lesu, kurang ceria, letih, kulit kering, rambut merontok, gampang kesemutan, dan mudah putus asa.

Dalam beberapa kasus anak perempuanlah yang cenderung mengalami rendah kadar hypotiroid ini.

Baca juga : 16 cara menurunkan berat badan secara alami, terbukti cepat dan ampuh dari website familinia.com .. salah satu website terbaik di bidang kesehatan

2. Kadar gula yang tinggi

Orang tua kandung yang mengidap diabetes,

Cenderung menurun pada anak - anaknya.

Kadar gula yang tinggi, menyebabkan insulin sulit sekali mengatur kadar gula di dalam darah.

Alhasil, seluruh kalori hanya diubah menjadi berat badan..

Dan anak yang lahir dari keturunan orang tua yang mengidap diabetes akan cenderung mengalami kegemukan.

3. Asam lemak essensial

Menurut wikipedia.org

Asam lemak essensial merupakan sebutan bagi asam lemak yang tidak dapat dibuat sendiri oleh spesies hewan (termasuk manusia),

Atau dapat dibuat tetapi tidak mencukupi kebutuhan minimal yang diperlhkan untuk memenuhi fungi fisiologinya.

Singkatnya, asam lemak essensial ini akan mempengaruhi tingkat nafsu makan.

4. Kortisol yang tinggi

Anak yang tertekan dalam hidupnya,

Misalnya hidup dalam lingkup orang tua yang galak,

Cenderung membuat anak menjadi stress atau tertekan..

Faktor stress atau tertekan inilah yang nantinya akan memicu hormon kortisol yang tinggi.

Kortisol yang tinggi akan menyebabkan tubuh cepat lelah, luka susah kering, tekanan darah tinggi, kadar gula tinggi, dan rambut mudah rontok

Hormon kortisol dapat meningkatkan nafsu makan.


10. Pastikan anak anda sarapan setiap hari

Sarapan dapat membuat metabolisme anak anda meningkat,

Disaat tidak sarapan, anak anda akan makan berlebihan di saat siang harinya,

Maksudnya, disaat tidak sarapan anak anda akan merasa kelaparan di waktu siang hari sehingga anak anda pun cenderung makan berlebihan dan cenderung memilih makanan yang tidak sehat.

11. Pastikan tidur anak anda cukup

Kurang tidur dapat menyebabkan hormon nafsu makan (hormon gherlin) menjadi meningkat

Jika hormon gherlin meningkat maka nafsu makanpun akan meningkat,

Dan jika nafsu makan meningkat, pastilah anak anda akan mengalami perubahan pada berat badannya.

Oleh karean itu, pastikanlah bahwa anak anda tidur dengan cukup.

Untuk masalah hubungan tidur dan diet

Telah saya bahas secara detail disini: 17 Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

Cara Menghitung Berat Badan Ideal Anak


BMI

Berat badan ideal adalah bobot optimal pada tubuh untuk menjaga kebugaran dan kesehatan.

Rumus berat badan ideal untuk anak dibawah usia 10 tahun adalah


Berat badan ideal = ( n x 2 ) + 8

Dan untuk anak dibawah 12 bulan


Berat badan ideal = ( n : 2 ) + 4
Keterangan:

n untuk anak dibawah 10 tahun adalah "Angka tahun" / " Usia anak dalam bilangan tahun "

Sedangkan n untuk bayi dibawah 12 bulan adalah "Angka bulan" / "Usia bayi dalam bilangan bulan"

Contoh :

Bayi berusia 6 bulan, maka berat badan idealnya adaah 6 : 2 + 4 = 7 KgSedangkan anak usia 8 tahun adalah 8 x 2 + 8 = 24 Kg

Penutup 

Nah, itu dia 11 cara menurunkan berat badan pada anak dengan cepat dan alami,

Jika anda menyukai artikel ini, silahkan di share keteman - teman anda, siapa tahu mereka sangat butuh dengan informasi ini

Bacalah artikel lainnya di website kami, semoga tulisan dan kerja keras kami dapat membantu anda semua...


Terimakasih :D
 

Subscribe to receive free email updates: