13 Cara Menurunkan Berat Badan dalam 1 Minggu Secara Alami


alami dan cepat

Cara menurunkan berat badan dalam seminggu.

Mungkin terdengar sangat sulit..

Namun, sulit itu bukanlah kemustahilan,

Tidak ada yang mustahil di dunia ini.

Dengan tekad yang kuat, diet yang benar dan disertai dengan olahraga, target ini pasti bisa dicapai !

Oleh karena itu, pada artikel ini saya akan membahas tentang berbagi metode yang dapat membuat kamu langsing dalam waktu satu minggu. dan bisa menurunkan hingga 20 Kg, WOW!

Tidak usah basa – basi lagi, mari kita bahas..

1. Pastikan kalori yang keluar lebih banyak daripada kalori yang masuk.

Maksudnya, jika kita ingin langsing maka kita harus tahu berapa banyak kalori yang masuk dan yang keluar

Jika yang masuk lebih banyak dari pada yang keluar maka badan kita akan semakin membesar,

Sebaliknya, jika kalori yang masuk lebih sedikit daripada yang keluar maka badan kita akan perlahan  melangsing.

Jadi teorinya ..


Kalori Masuk > Kalori Keluar = Melebar / Membesar

Kalori Masuk < Kalori Keluar = Langsing

Sederhana bukan?,

Tapi tidak sederhana itu, nyatanya praktiknya sangat sulit.



Lihatlah gambar diatas, untuk menurunkan 1 kg berat badan kita harus membakar 3.500 kalori,

Itu berarti kita harus bersepeda selama 6,7 jam untuk menurunkan berat badan sebanyak 1 Kg,

Atau menari zumba selama 6 jam?

Tapi itu bukanlah patokan pasti, bisa saja setiap orang berbeda – beda.

Perlu diketahui, pembakaran kalori bukan saja terjadi karena olah raga,

Tapi tubuh kita juga bisa membakar kalori secara otomatis,

Oleh karena itu, bacalah artikel ini:

cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

2. Untuk menurunkan berat badan 5 kg dalam seminggu, kamu harus membakar 5.000 kalori lebih banyak dari asupan kalori harian.

Mungkin terdengar sangat banyak.

Membakar 5000 kalori itu setara dengan bermain sepak bola selama 7,5 jam. Wow..


Kira - kira seperti itulah..

Memang terdengar sangat sulit, tapi hal ini bisa kamu tutupi dengan asupan makanan yang cocok,

Maksudnya, dengan mengkonsumsi makanan yang rendah kalori.

Seperti apel, jeruk bali, alpukat, dan putih telur.

Sehingga kalori yang masuk masih sedikit dibanding kalori yang keluar,

3. Biasakan pemanasan sebelum olahraga dan melakukan pernafasan

alami dan cepat




Pemanasan dan peregangan dapat membantu mengoptimalkan sesi olahraga,

Berikut adalah hal – hal yang harus kamu lakukan disaat pemanasan:

-    Lakukan 20 kali push up, 20 kali sit up, dan 20 kali burpee.

Cara melakukan burpee adalah kamu harus melompat, kemudian mendarat dan push up kemudian lompat lagi dan push up lagi, begitu seterusnya.

mengenai cara burpee silahkan kunjungi ini :  Cara melakukan burpe

-    Lari ditempat selama 1 menit dan di teruskan jogging ditempat selama 1 menit
-    Sentuh jari kaki kamu, kemudian rentangkan keduanya bersamaan,

4. Latihan Interval

Menurut Kent,

Latihan interval adalah suatu system latihan yang berganti – ganti antara melakukan dengan giat ( interval kerja ) dengan intensitas rendah (priode sela) dalam suatu latihan

Maksudnya latihan / olahraga dimana ada saatnya kita pelan – pelan dan ada saat nya kita kekuatan penuh..

Binggung? , begini contohnya.

Ketika kamu berlari mengelilingi lapangan, larilah satu putaran secepat mungkin, kemudian jogging tiga putaran dengan kecepatan ringan.

Nah latihan interval yang seperti inilah yang dapat membakar kalori cukup banyak dan sangat efektif.

5. Ikuti Olahraga Permainan


alami dan cepat
Futsal


Yang membedakan olahraga biasa dengan olahraga permainan adalah unsur kompetitifnya,

Maksudnya, diolahraga permainan kita lebih bersemangat untuk menjadi juara atau menjadi yang pertama.

Hal inilah yang membuat semangat kita terbakar.

Jika kamu berfikir, “saya tidak jago main olahraga permainan, atau saya tidak nyaman melakukannya”.

Kamu harus ingat, bahwa semua orang pasti akan menghargai setiap orang yang bekerja keras.

Lakukan saja, jangan malu, dan jadi lah juara :D

Pilihlah olahraga permainan yang kamu sukai…

Jika tidak ada, cobalah bersepeda dan berkompetisilah dengan motor – motor yang ada di jalan ..

Hehe. hati - hati yaa..

6.  Berdansa ?

alami dan cepat
Dansa


Jika kamu wanita, sebaiknya berdansa di dalam rumah saja, karena lebih aman dan lebih tenang.

Atau undang lah beberapa teman wanita kamu untuk berdansa bersama.

Dansa yang sangat disarankan adalah Zumba

7. Olahraga lebih keras

Kamu mungkin perlu berolahraga 2 kali lipat untuk memenuhi target menurunkan berat badan dalam seminggu

Maka dari itu, pilihlah olahraga yang memang benar – benar kamu sukai,

Lakukanlah 4 jam sehari,

Maksudnya 1 kali olahraga kita lakukan selama 2 jam,

Dan kita melakukan 2 kali olahraga perhari

Jadi jika dijumlah maka 4 jam perharinya

Jangan lupa untuk memberi jeda yang agak lama di antara kedua olahraga tersebut.

8. Lakukan Cross Training

alami dan cepat
Cross Training
Cross training sendiri adalah “Latihan lain yang dilakukan untuk melengkapi olahraga utama” (dalam hal ini yaitu lari)

Contoh – contoh cross training adalah yoga, bersepeda, berenang, active rest, dan latihan yang ada di gambar diatas

Silahkan baca disini Adakah cross training yang benar

9. Gunakan mesin kardio

Jika anda tidak mempunyai mesin kardio dirumah, anda bisa menyewanya di tempat gym..

Cobalah mesih kardio dibawah ini dan perhatikan cara pemakaiannya dengan tepat

-    Treadmill. Lari di Treadmill memang tidak sebaik lari bebas, tapi lari treadmill lebih baik dari pada tidak lari sama sekali :D,

cobalah kecepatan yang sedang untuk membuat kamu cukup berkeringat.

-    Elips

-    Sepeda statis

Peringatan

Jangan terlalu berlebihan melakukannya, jangan sakiti diri anda sendiri…

Kebiasaan – kebiasaan yang harus kamu lakukan dalam diet 7 hari,

Nah, selain ke 9 cara diatas, sekarang kita bahas nih, bagaimana sih kebiasaan – kebiasaan yang bisa membantu kita untuk menguruskan berat badan,

Berikut ini adalah daftarnya…

1. Mengatur pikiran untuk langsing (Mindset Diet)
alami dan cepat
Mindset
Setelah kamu menentukan keputusan untuk menjadi “langsing”,

Sekarang saatnya kamu berusaha keras untuk “mewujudkannya”

Mindset diet ini sangat penting untuk kamu terapkan.

Contoh mindset diet adalah “besok saya harus kurus”, “sekarang, tidak ada waktu lagi”, “tidak ada hari esok, sekarang saatnya”.

Nah begitulah kira – kira ..

Jangan sampai mental diet kita lemah

2. Pahami tentang kalori

Tahukah kamu, kalori lebih banyak terbakar disaat kamu tidur?

Tapi, tidur seharian juga bukan piihan yang bagus buat kamu, tidurlah sekitar 6 – 8 jam,

Untuk masalah tidur, telah saya bahas lengkap disini : Cara menurunkan berat badan tanpa olahraga

Kembali lagi ke topik kita “Pahami tentang kalori”,

Sebenarnya kalori itu adalah satuan untuk mengukur jumlah energi,

Energi adalah sesuatu yang kamu butuhkan untuk beraktivitas,

Layaknya sebuah mobil, energi yang dibutuhkannya adalah bensin,

Dan manusia adalah makanan..

Jadi setiap kamu bergerak atau beraktivitas maka akan ada kalori yang “keluar” dari tubuh kamu.

Maka dari itu bisa disimpulkan bahwa orang yang gemuk adalah orang yang memiliki kalori berlebih,
Sebab mereka sering memasukkan kalori dan jarang sekali mengeluarkannya.

Lalu muncul pertanyaan, “berapa banyak rata – rata kalori yang diperlukan manusia dalam beraktivitas setiap harinya?”

Umumnya, untuk wanita adalah 2000 kalori dan laki – laki 2500 kalori.

Bagi wanita, untuk bisa turun 1/2 Kg, maka dibutuhkan pembakaran kalori sebanyak 1500 kalori dengan “estimasi” waktu selama satu minggu.

Sedangkan pria 2000 kalori,

Silahkan lihat gambar ini..

alami dan cepat

alami dan cepat


3. Makanlah sedikit – sedikit

Jika disimpulkan dari bagian diatas,

Maka kita sudah tahu bahwa yang menyebabkan kegemukan adalah kalori berlebih.

Dan yang dapat membakar kalori adalah olahraga dan tidur yang cukup.

Selain membakar kalori kita juga harus lebih sedikit memasukkan kalori kedalam tubuh.
Dalam bagian ke-3 ini,

Saya memasukkan topik “ makanlah sedikit – sedikit “ karena,

Disaat kamu makan sedikit sedikit maka kamu akan mengurangi asupan kalori kedalam tubuh,

Selain itu, makan sedikit – sedikit tetapi sering juga akan membantu kamu dalam meningkatkan kemampuan metabolisme

Sehingga akan ada banyak kalori dan lemak yang akan terbakar.

4.  Hindari waktu makan malam

alami dan cepat
Night Eating Syndrome
 Makan malam dapat menambah lemak dalam tubuh kamu,

Jika kita tidur setelah makan maka makanan yang kita makan akan ditimbun menjadi lemak,

Selain itu tidur setelah makan juga akan menganggu sistem pencernaan, dan bisa saja menyebabkan sembelit,

Sembelit pun bisa membuat kamu terlihat buncit,

Oleh kaena itu, tidurlah 4 – 6 jam setelah makan,

Waktu yang ideal untuk makan sore adalah pukul 17 : 00 – 18 : 00,

5. Jauhi makanan tinggi gula

Makanan / minuman tinggi gula merupakan factor utama obesitas di era modern seperti sekarang ini,
Gula bisa kita temukan di hampir semua minuman,

Seprti soda, minuman isotonic, juice, cokelat dan lain sebagainya,

Mengkonsumsi gula secara berlebihan dapat menyebabkan timbunan lemak pada lingkar pinggang dan perut,

Oleh karena itu, jauhilah gula dari makanan atau minuman..

6. Ganti makanan dengan yang rendah lemak

alami dan cepat
Low Fat Food
Inti dari semua pembahasan diatas adalah kamu harus mengkonsumsi makanan rendah kalori disetiap harinya,

Caranya, kamu bisa menghindari semua makanan yang dimasak dengan cara digoreng atau makanan makanan yang dimasak dengan cara dibakar.

Lalu ganti kebiasaan makan nasi menjadi makan sayuran,

Tentunya saya tidak melarang kamu untuk tidak makan nasi,

Hanya saja saya menganjurkan kamu untuk mengurangi porsinya…

Berikut ini adalah jumlah kalori pada macam – macam sayuran

Kalau dilihat gambarnya, sangat sedikit bukan jumlah kalori pada sayurannya?

Begitulah, sayuran memang memiliki jumlah kalori yang sedikit

Sehingga baik untuk kamu yang ingin “mengurangi” asupan kalori di dalam tubuh..

7. Sering – sering berolahraga

Perlu diketahui,

Mengurangi kadar kalori dalam tubuh dapat membuat metabolisme kamu menurun,

Dan menurunnnya metabolisme akan mengakibatkan beeberapa otot tubuh kamu menjadi lemas.

Nah, oleh karena itu untuk membuat otot – otot kuat kembali kamu harus melakukan latihan rutin,

Seperti push – up, sit – up, jogging, atau bahkan “marathon”

Tidak perlu setiap hari,

2 hari sekali pun tidak apa – apa,

Yang penting kamu udah usaha, jangan memaksakan diri,

Karena tuhan selalu menilai usaha seseorang :D

8. Komitmen untuk Kurus

alami dan cepat
Commitment

Semuanya tidak akan berhasil jika kamu tidak memiliki komitmen yang kuat untuk kurus, intinya kamu harus memiliki komitmen yang kuat untuk kurus.

Jika kamu ingin lebih disiplin, kamu bisa membayar jasa pelatih Gym untuk membantu diet kamu.

9. Perbanyak mengkonsumsi air putih

Menurut akusehatku.com

Air putih itu dapat memisahkan rasa haus dan lapar sehingga membuat kamu tidak mudah ngemil,

Maksudnya, ada saatnya kamu merasa sangat lapar,

Tetapi yang kamu rasakan itu bukanlah rasa lapar,

Yang kamu rasakan hanyalah rasa haus,

Nah, dengan minum air putih terlebih dahulu, kamu bisa membedakan apa yang kamu rasakan itu,

Rasa laparkah atau rasa haus..

Selain itu, air putih juga bisa melarutkan makanan, vitamin dan mineral yang berguna dalam proses pencernaan dalam tubuh manusia.

Oleh karena itu, minumlah air putih sebanyak 8 gelas perharinya..

Masih ada banyak lagi manfaat air putih, tapi tidak saya bahas disini karena jika saya bahas disini maka artikel ini akan menjadi sangat panjaaaaaanggg….

Oleh karena itu, kunjungi artikel di akusehatku.com ini,

Manfaat minum air putih

10. Meminum teh hijau

Teh hijau mengandung catechin tertinggi dan antioksidan yang dapat mempercepat pembakaran kalori,

Minum teh hijau secara teratur bisa membuat berat badan menjadi berkurang meski perlahan – lahan…

11. Fokus

Dalam melakukan semua kegiatan agar berjalan lancar dan hasilnya sesuai dengan yang harapkan maka diperlukan fokus.

Begitu juga dalam menurunkan berat badan,

Kamu harus fokus dan tidak tergoda oleh hal apapun sehingga berat badan bisa turun dengan cepat sesuai dengan yang diinginkan.

12. Motivasi

alami dan cepat
Never Give Up :D
   
Sebenarnya, untuk memulai semua cara atau metode diatas,

Kita memerlukan motivasi di awalnya..

Motivasi yang benar itu sebenarnya berasal dari cinta, bukan dari balas dendam..

Banyak orang ingin menurunkan berat badan karena pernah di hina oleh temannya, di caci dan dimaki dan lain sebagainya,

Sehingga dia bertekad untuk menurunkan berat badan,

Tidak salah memang,

Tapi motivasi yang seperti ini tidaklah bertahan lama, dan tidaklah besar.

Motivasi yang seperti ini akan hilang dengan mudah.

Sedangkan motivasi yang berasal dari cinta akan bertahan hingga semua target telah tercapai

Salah satu contoh motivasi dengan cinta adalah “Jika saya kurus nanti, saya akan terlihat cantik dan akan membanggakan keluarga saya”.

Mungkin motivasinya tidak “selebay” itu, tapi percisnya seperti itulah.


Ciptakan motivasi dengan cinta, dan dunia akan mudah dilalui..


13. Mengkonsumsi sayuran, protein dan lemak baik

Untuk protein, sebaiknya kamu mengkonsumsi 20 – 50 gram protein di setiap harinya,

Protein dapat memperlancar pencernaan dan membuat metaboisme membaik,

Contoh makanan yang tinggi protein adalah putih telur, udang, ayam, daging, salmon dan lain sejenisnya.

Mengkonsumsi sayuran seperti mentimun, selada kubis, seledri bunga kol, brokoli dan abyam juga dapat melancarkan program diet kamu,

Penutup

Nah itulah cara menurunkan berat badan dalam 1 minggu

Mungkin terdengar sulit, tapi seperti di awal artikel ini,

Saya bilang “sulit itu bukan mustahil”

Mungkin cara ini bisa berhasill bagi kamu yang ingin menurunkan berat badan

Tolong Share Artikel Ini

Bagi teman – teman yang ingin menghargai keringat saya, saya minta teman – teman untuk membagikan artikel ini,

Karena membuat artikel seperti ini tidak mudah, diperlukan kerja keras,

Oleh karena itu, jika teman – teman tidak keberatan, saya harap teman – teman membagikan artikel ini,

Bisa melalui fb atau socmed lainnya,

Semoga yang membagikan artikel ini mendapat pahala, karena membagikan ilmu itu berpahala,

Dan semoga semakin berkurang orang yang obesitas di Indonesia ini dengan share yang teman – teman lakukan.

Terimakasih dan salam sehat

Artikel – cara menurunkan berat badan dalam 1 (satu) minggu.

Subscribe to receive free email updates: